Adimanggala Putra Ugrasena

clip_image002

ARYA ADIMANGGALA konon adalah putra Arya Ugrasena/Prabu Setyajid raja Lesanpura dengan Ken Yasida atau Ken Sagupi, seorang swarawati keraton Mandura. Setelah Ken Sagupi dikawinkan dengan Antagopa, seorang gembala dan tinggal di padepokan Widarakandang/Widarakanda, Arya Adimanggala dianggap sebagai putra Ken Sagupi dengan Demang Antagopa.

Arya Adimanggala mempunyai kakak kandung bernama Arya Pragota, yang menjadi patih Prabu Baladewa di negara Mandura. Selain itu dari garis keturunan Arya Ugrasena, ia mempunyai dua orang saudara bernama, Dewi Setyaboma (istri Prabu Kresna) dan Arya Setyaki. Sedangkan dari garis keturunan ibunya, Ken Sagupi, selain Arya Pragota, ia mempunyai dua orang saudara, yaitu, Arya Udawa, putra Ken Sagupi dengan Prabu Basudewa, dan Dewi Larasati, putri Ken Sagupi dengan Arya Prabu Rukma/Prabu Bismaka, raja Kumbina.

Arya Adimanggala mempunyai perawakan tinggi besar dan gagah. Sifat perwatakannya pemberani, setia, jujur dan penuh tanggung jawab. Karena kesaktiannya, ia diangkat menjadi patih negara Awangga pada jaman pemerintahan Prabu Basukarna/Adipati Karna.

Akhir riwayatnya diceritakan: menurut Mahabharata, Arya Adimanggala tewas dalam perang Bharatayuda, mati bersama/sampyuh (Jawa) dengan patih Jayasemedi dari negara Plangkawati. Sementara ada kisah pedalangan yang menceritakan, Arya Adimanggala tewas dibunuh oleh Adipati Karna, sebelum Adipati Karna gugur dalam perang tanding melawan Arjuna, akibat dari kesalahan/keteledorannya. ia yang seharusnya mengucapkan ―Adipati Karna minta sedah/sirih, menjadi Adipati Karna seda/mati.‖ Akibat salah ucap itu Dewi Surtikant, istri Adipati Karna melakukan bela pati dengan bunuh diri.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *